Monday, 23 January 2017 14:44:57
http://rumahminimalisoi.com

Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir

Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir - Anda tentu tahu bahwa tidak semua orang tua paham bagaimana cara merawat bayi baru lahir yang baik dan benar. Apalagi bagi para pasangan pengantin baru yang memiliki buah hati pertama mereka. Tentu akan muncul beragam kebingungan-kebingungan ketika terjadi sesuatu pada sang bayi, meskipun hal ini adalah sesuatu yang menyenangkan untuk dijalani.

Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Namun, jika bayi tidak diperlakukan dengan cara yang benar, maka dapat menyebabkan sesuatu hal yang tidak diinginkan. Berikut ini ada beberapa tips cara merawat bayi baru lahir agar tetap sehat dan bisa tumbuh dengan sebagaiman mestinya.

Cara Merawat Bayi Baru Lahir di Rumah Sendiri

  1. Berilah bayi Anda makanan yang banyak, sebab bayi yang baru lahir hingga beberapa bulan pertama kehidupannya di dunia akan mengalami fase dimana dia merasa lapar. Saat berada di dalam kandungan, bayi tidak pernah merasa lapar karena selalu mendapatkan asupan gizi dari sang ibu. Jadi kalau bayi Anda telah menunjukkan tanda-tanda sedang kelaparan, misalnya menangis, maka berilah ia makan. Tentu saja makanan terbaik bagi bayi yang baru lahir adalah ASI.
  2. Jika bayi Anda buang air besar atau kecil, maka segeralah mengganti popoknya. Jangan biarkan dia menangis karena harus memakai popok yang basah oleh kotorannya sendiri. Dan saat Anda mengganti popoknya, maka Anda juga harus membersihkan bagian organ kelamin bayi dengan air bersih atau bedak khusus bayi.
  3. Bedonglah bayi Anda selama beberapa saat. Membedong bayi dengan menggunakan kain bedong yang lembut dapat membuat perkembangan organ-organ bayi tumbuh dengan baik, terutama bagian tangan dan kaki akan tumbuh lurus dengan sempurna. Tapi Anda juga tidak boleh membedong bayi terlalu lama, sebab hal tersebut dapat mengganggu pernafasannya. Lakukan pembedongan secara berkala, sesuaikan juga dengan suhu udara tempat tinggal Anda.
  4. Gunakan peralatan kosmetik bayi seperti sabun mandi, shampo bayi, bedak bayi, minyak bayi, dan sebagainya dengan memilih peralatan terbaik, yang aman dengan kondisi kulit bayi, kalau bisa yang bebas bahan kimia. Jangan sekali-kali memberikan produk kosmetik orang dewasa pada kulit bayi.
  5. Berikanlah bayi Anda waktu tidur yang cukup. Walaupun Anda senang bermain-main dengannya, namun hal tersebut jangan menjadi alasan bagi Anda untuk tidak menidurkan bayi Anda dalam waktu yang cukup. Bayi yang baru lahir memerlukan waktu tidur selama 16 jam sehari yang terbagi ke dalam beberapa waktu.

Demikian beberapa cara merawat bayi baru lahir yang dapat Anda jadikan acuan. Untuk memahami cara merawat bayi secara mendalam, Anda perlu bantuan dari orang-orang yang pernah merawat bayi, seperti orang tua atau mertua Anda misalnya.

Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir was last modified: Saturday by Renny Anggraeni